Waspadai Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Barat Hingga Tanggal 10 Juni 2022

Alt text

Pontianak, 27 Mei 2022

 

Diprakirakan sebagain besar wilayah Kalimantan Barat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan hingga satu minggu ke depan. Hal ini didukung dengan kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Barat yang dalam beberapa hari kedepan diprakirakan dominan cerah cenderung panas dan sedikit hujan. Berdasarkan prakiraan curah hujan dasarian I bulan Juni 2022, curah hujan di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat juga masih rendah, sehingga perlunya peningkatan kewaspadaan terjadinya kebakaran hutan dan lahan setidaknya hingga tanggal 10 Juni 2022.

 

Diprakirakan seluruh wilayah Kalimantan Barat berpotensi mudah hingga sangat mudah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Namun, wilayah yang lebih perlu diwaspadai adalah wilayah Kalimantan Barat bagian barat, antara lain Kab./Kota : Sambas, Bengkayang, Singkawang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara dan sebagian Ketapang. Hal ini disebabkan karena pada wilayah-wilayah tersebut hingga saat ini tercatat akumulasi curah hujannya lebih rendah dibanding wilayah Kalbar bagian Timur.

 

Diimbau kepada masyarakat Kalimantan Barat untuk tidak melakukan aktifitas membakar hutan atau lahan. Masyarakat diimbau juga untuk berhemat penggunaan air untuk kegiatan sehari-hari. Perlu juga mitigasi atas tanaman pertanian dari potensi ancaman peningkatan suhu udara dan curah hujan rendah ke depan.

 

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak  membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :

•  call center 0561 - 721142 ;

•  https://kalbar.bmkg.go.id ;

•  follow Fanspage Facebook, Instagram, Twitter :  @infoBMKGKalbar;

•  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

 

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak

 

Nanang Buchori. 

 

Sumber: Website BMKG Kalbar.

Berita Lainnya